Home > Etcetera

Apakah Anda 'Si Sempurna', Salah Satu Jenis Tipe Tidur Malam

Tipe The Routine Perfectionist Sleeper cenderung kaku tentang situasi seputar tidur mereka.
Anda berusahalah untuk baik-baik saja dengan hal-hal yang tidak selalu sempurna. (Republika.co.id)
Anda berusahalah untuk baik-baik saja dengan hal-hal yang tidak selalu sempurna. (Republika.co.id)

KABARINEWS -- The Routine Perfectionist Sleeper merupakan salah satu bahasa atau tipe tidur. Tipe yang biasanya dimiliki oleh orang dengan rutinitas teratur.

Tipe ‘The Routine Perfectionist Sleeper’ cenderung sangat kaku tentang perilaku dan situasi seputar tidur mereka. Mereka biasanya takut tidur malam yang buruk.

Jika ada sesuatu di luar rutinitas khas mereka di malam hari, mereka akan langsung merasa khawatir tidak akan bisa tidur. ‘’Kecemasan tentang tidur bahkan dapat membuat mereka tetap terjaga,’’ ujar psikolog klinis tidur, dr Shelby Harris, seperti dilansir laman Huffington Post.

Dr Shelby Harris mengatakan Anda mungkin ingin mengikuti kenyamanan tidur yang benar berfokus pada kondisi ‘sempurna’. Namun, ini sebenarnya juga dapat meningkatkan kekhawatiran tentang tidur sehingga Anda justru sulit tidur.

Ia menyarankan berusahalah untuk baik-baik saja dengan hal-hal yang tidak selalu sempurna, seperti saat Anda bepergian misalnya. ‘’Temukan kasur yang nyaman, tempat tidur yang Anda suka, dan ruangan gelap,’’ katanya.

Anda bisa memperoleh tidur malam berkualitas dengan mengidentifikasi apa bahasa atau tipe tidur Anda. Dan, kata dr Shelby Harrid, Anda menyesuaikan rutinitas waktu tidur demi kualitas tidur yang lebih baik.

"Mampu mengidentifikasi kategori mana yang Anda masuki akan membantu mengetahui di mana harus memfokuskan upaya untuk meningkatkan kualitas tidur,’’ ucapnya.

Sumber: Republika.co.id

× Image