Home > Etcetera

Anda Sulit 'Mematikan' Otak untuk Bisa Tertidur Lelap?

Anda mesti memberikan waktu untuk menenangkan otak dan tubuh sebelum tidur.
Tipe Words of Worry Sleeper memiliki otak yang sibuk pada malam hari dengan pikiran kekhawatiran-kekhawatiran. (Republika.co.id)  
Tipe Words of Worry Sleeper memiliki otak yang sibuk pada malam hari dengan pikiran kekhawatiran-kekhawatiran. (Republika.co.id)

KABARINEWS -- Words of Worry Sleeper merupakan salah satu bahasa tidur atau tipe tidur. Orang dengan tipe ini selalu berpikiran cemas sehingga membuat mereka terjaga pada malam hari.

Tipe Words of Worry Sleeper memiliki otak yang sibuk pada malam hari. Otak atau pikirannya diisi dengan kekhawatiran-kekhawatiran ‘bagaimana jika’ dan ‘harusnya begini’.

‘’Orang tipe ini sering kesulitan mematikan otaknya untuk tertidur. Atau, mereka bangun pada tengah malam dengan otak sibuk,’’ ujar psikolog klinis tidur, dr Shelby Harris, seperti dilansir laman Huffington Post.

Gangguan ini bisa berupa pikiran atau kekhawatiran acak tentang hal-hal yang terjadi dalam hidup dan masa depan. Atau, kekhawatiran-kekhawatiran yang didasarkan pada kenyataan atau tidak.

Lalu, bagaimana solusinya? Situasi tidur ideal untuk tipe ini adalah rutinitas istirahat yang kuat serta memberikan waktu untuk menenangkan otak dan tubuh sebelum tidur.

‘’Jaga agar ruangan tetap tenang, gelap, sejuk, dan nyaman,’’ kata dr Shelby. ‘’Minyak wangi dan semprotan mungkin bukan obat tidur.’’

Lavender telah terbukti membantu merilekskan otak dan tubuh. Itu memungkinkan Anda mengatur tahapan tidur dengan lebih baik. ‘’Mampu mengidentifikasi kategori mana yang Anda masuki akan membantu mengetahui di mana harus memfokuskan upaya untuk meningkatkan kualitas tidur,’’ ujarnya.

Sumber: Republika.co.id

× Image