Home > Etcetera

Apakah Anda Tipe Tidur 'Too Hot to Handle'

Tipe ini sering terbangun dengan keringat dan sulit tidur atau tetap tertidur karena merasa terlalu kepanasan atau kegerahan.
Kualitas tidur malam bisa diperoleh dengan mengidentifikasi bahasa tidur Anda. (Republika.co.id)
Kualitas tidur malam bisa diperoleh dengan mengidentifikasi bahasa tidur Anda. (Republika.co.id)

KABARINEWS -- Tiap orang memiliki bahasa tidur atau tipe tidur yang berbeda-beda. Dan, salah satu bahasa tidur yang perlu dikenali yakni The ‘Too Hot To Handle’ Sleeper (Orang yang kepanasan).

Tipe ini sering terbangun dengan keringat dan sulit tidur atau tetap tertidur karena merasa terlalu kepanasan atau kegerahan. Biasanya ini dialami wanita yang mengalami peri atau menopause dan mengalami hot flashes.

‘‘Anda mungkin awalnya pergi tidur dengan perasaan nyaman atau bahkan kedinginan. Namun, kemudian Anda terbangun di tengah malam dengan keringat atau melepaskan selimut,’’ ujar Psikolog klinis tidur, dr Shelby Harris, seperti dikutip Huffington Post.

Lalu, bagaimana solusinya? Dr Shelby menyarankan situasi tidur terbaik untuk tipe ini adalah memiliki kasur dengan lapisan penyerap keringat untuk pakaian dan seprai atau selimut.

Jika Anda kepanasan dan teman tidur Anda kedinginan, maka siapkan dua selimut berukuran kembar di tempat tidur. Sehingga, masing-masing mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Dr Shelby menyebut kualitas tidur malam bisa diperoleh dengan cara mengidentifikasi apa bahasa tidur Anda. Selain itu, Anda harus menyesuaikan rutinitas waktu tidur demi mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas.

‘’Mampu mengidentifikasi kategori mana yang Anda masuki akan membantu mengetahui di mana harus memfokuskan upaya untuk meningkatkan kualitas tidur,’’ ujarnya.

Sumber: Republika

× Image