Home > Etcetera

5 Langkah Sederhana Agar Tidur Malam Berkualitas dan Lebih Nyenyak

Hindari kebiasaan mengonsumsi kafein agar tidur malam menjadi lebih baik.
Pilih seprai hingga selimut yang hangat dan nyaman sehingga tidur malam lebih berkualitas. (Republika)
Pilih seprai hingga selimut yang hangat dan nyaman sehingga tidur malam lebih berkualitas. (Republika)

KABARINEWS -- Ingin tidur malam Sobat lebih berkualitas? Pakar tidur ternama, Martin Seeley, punya cara sederhana agar Sobat bisa tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas.

1. Kebiasaan Tidur
Ada beberapa kebiasaan menjelang tidur yang perlu dihindari agar tidur menjadi lebih baik. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi kafein terlalu larut atau kebiasaan menyantap makanan bergula terlalu malam.

‘’Bila Anda merasakan dorongan untuk makan, coba hindari dengan cara minum segelas air putih atau teh hangat,’’ kata ahli tidur dan CEO MattressNexdDay, Martin Seeley, seperti dilansir Metro.co.uk.

Beberapa kebiasaan lainnya sebaliknya membantu meningkatkan kualitas tidur. Seperti kebiasaan membaca, berendam air panas, hingga menghindari paparan gawai sebelum berangkat tidur.

2. Ruangan Kamar
Selain itu, buat suhu ruangan kamar senyaman mungkin. Pilih seprai hingga selimut yang hangat dan nyaman.

3. Makanan Sehat
Terapkan pola makan sehat dan seimbang sepanjang hari. Perbanyak konsumsi buah dan sayur serta minum minimal dua liter air putih per hari.

4. Kesehatan Mental
Kelola stres atau kecemasan dengan melakukan kegiatan yang dirasa dapat menenangkan diri. Contohnya adalah yoga, meditasi, dan latihan pernafasan.

5. Aktif Bergerak
Lakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin saat sinar matahari masih terlihat. Kebiasaan ini bisa membantu memperbaiki kualitas tidur di malam hari.

Sumber: Republika.co.id

× Image