Home > Etcetera

Ini Bahayanya Ketika Tidur Malam Kurang dari Lima Jam

Mereka yang tidak tidur selama tujuh, tampak berisiko mengidap penyakit arteri periferi.
Kurang tidur bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. (Republika)
Kurang tidur bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. (Republika)

KABARINEWS -- Apakah Sobat termasuk salah satu yang sering tidur malam kurang dari lima jam? Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah hingga tiga perempat kali dibandingkan kebiasaan tidur malam tujuh atau delapan jam.

‘’Mereka yang tidak tidur selama tujuh hingga sembilan jam, tampak berisiko mengidap penyakit arteri periferi di mana pembuluh darah di kaki menjadi tersumbat,’’ kata peneliti dari Institut Karolinska, Dr Shuai Yuan di Stockholm, Swedia, seperti dikutip dari The Sun.

Dr Yuan melacak tingkat penyakit pada 650 ribu orang dewasa dan membandingkan dengan berapa lama mereka tidur setiap malamnya. Hasilnya, tidur malam selama tujuh hingga delapan jam adalah kebiasaan yang baik untuk menurunkan risiko penyakit arteri periferi.

Sekitar satu dari lima orang Inggris berusia di atas 60 tahun menderita kondisi yang meningkatkan risiko serangan jantung dan strok. Kondisi tersebut lebih sering terjadi pada perokok dan penderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi.

Penyakit arteri periferi juga dapat menyebabkan kerontokan bulu kaki, nyeri yang menyakitkan saat berjalan, mati rasa, kuku kaki rapuh, dan bisul. Penelitian sebelumnya menunjukkan kurang tidur meningkatkan risiko penyakit jantung, yang juga disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

"Selain itu, masalah tidur adalah salah satu keluhan peringkat teratas pada pasien penyakit arteri perifer," ungkap Dr Yuan.

Sumber: Republika.co.id

× Image